Tampilan dan proyeksi
Dalam kebanyakan kasus, satu tampilan tidak cukup untuk menampilkan semua fitur yang diperlukan, dan beberapa tampilan digunakan. Jenis tampilan meliputi:
Multiviews
Multiview projection adalah jenis proyeksi ortografis .
Sebuah proyeksi multiview adalah jenis proyeksi ortografi yang menunjukkan objek seperti yang terlihat dari depan, kanan, kiri, atas, bawah, atau belakang (misalnya pandangan utama ), dan biasanya diposisikan relatif terhadap satu sama lain sesuai dengan aturan baik proyeksi sudut pertama atau sudut ketiga . Asal dan arah vektor proyektor (juga disebut garis proyeksi) berbeda, seperti yang dijelaskan di bawah ini.
![]() |
Gambar bagian yang diwakili dalam proyeksi sudut pertama |
Ada dua konvensi untuk menggunakan multiview, sudut pertama dan sudut ketiga. Dalam kedua kasus, sisi depan atau utama objek adalah sama. Sudut pertama adalah menggambar sisi objek berdasarkan tempat mereka mendarat. Contoh, melihat sisi depan, putar objek 90 derajat ke kanan. Apa yang terlihat akan ditarik ke kanan sisi depan. Sudut ketiga adalah menggambar sisi objek berdasarkan di mana mereka berada.
Contoh, melihat sisi depan, putar objek 90 derajat ke kanan. Apa yang terlihat sebenarnya adalah sisi kiri objek dan akan ditarik ke kiri dari sisi depan
Seperti ditunjukkan di atas, penentuan permukaan apa yang merupakan bagian depan, belakang, atas, dan bawah bervariasi tergantung pada metode proyeksi yang digunakan.
Tidak semua tampilan harus digunakan. Pada umumnya hanya sebanyak mungkin pandangan yang
![]() |
Beberapa jenis proyeksi grafis dibandingkan |
diperlukan untuk menyampaikan semua informasi yang diperlukan dengan jelas dan ekonomis. Tampilan depan, atas, dan sisi kanan umumnya dianggap sebagai kelompok inti dari pandangan yang disertakan secara default, tetapi kombinasi tampilan apa pun dapat digunakan tergantung pada kebutuhan desain tertentu.
Selain enam pandangan utama (depan, belakang, atas, bawah, kanan, kiri), pandangan atau bagian tambahan dapat dimasukkan sebagai melayani tujuan definisi bagian dan komunikasinya. Lihat garis atau garis bagian (garis dengan panah bertanda "AA", "BB", dll.) Tentukan arah dan lokasi tampilan atau bagian. Terkadang sebuah catatan memberi tahu pembaca di zona gambar mana untuk menemukan tampilan atau bagian.
Section Views
Tampilan yang diproyeksikan (Auxiliary atau Multiview) yang memperlihatkan penampang objek sumber di sepanjang bidang potongan yang ditentukan. Pandangan ini biasanya digunakan untuk menunjukkan fitur internal dengan lebih jelas daripada yang mungkin tersedia menggunakan proyeksi reguler atau garis tersembunyi. Dalam gambar rakitan, komponen perangkat keras (mis. Mur, sekrup, ring) biasanya tidak dibelah.
Sementara multiview berhubungan dengan permukaan eksternal suatu objek, tampilan bagian memperlihatkan bidang imajiner yang memotong objek. Ini sering berguna untuk menunjukkan kekosongan pada suatu objek.
Auxiliary views
Pandangan bantu adalah pandangan ortografis yang diproyeksikan ke bidang apa pun selain salah satu dari enam pandangan utama. Pandangan ini biasanya digunakan ketika suatu objek berisi semacam bidang miring. Menggunakan tampilan bantu memungkinkan bidang miring (dan fitur signifikan lainnya) diproyeksikan dalam ukuran dan bentuk sebenarnya.
Ukuran dan bentuk sebenarnya dari setiap fitur dalam gambar teknik hanya dapat diketahui ketika Line of Sight (LOS) tegak lurus terhadap bidang yang dirujuk. Ini ditampilkan seperti objek tiga dimensi. Pandangan bantu cenderung menggunakan proyeksi aksonometrik. Ketika ada sendiri, pandangan tambahan kadang-kadang dikenal sebagai gambar.
Pandangan bantu menggunakan pesawat proyeksi tambahan selain pesawat umum dalam multiview. Karena fitur dari suatu objek perlu menunjukkan bentuk dan ukuran sebenarnya dari objek, bidang proyeksi harus sejajar dengan permukaan objek. Oleh karena itu, setiap permukaan yang tidak sejalan dengan tiga sumbu utama memerlukan bidang proyeksi sendiri untuk menunjukkan fitur dengan benar.
Isometrik Views
![]() |
Berbagai proyeksi dan bagaimana mereka diproduksi |
Sebuah proyeksi isometrik menunjukkan objek dari sudut di mana skala sepanjang masing-masing sumbu objek adalah sama.
Proyeksi isometrik berhubungan dengan rotasi objek sebesar ± 45 ° tentang sumbu vertikal, diikuti oleh rotasi sekitar ± 35.264 ° [= arcsin (tan (30 °))] tentang sumbu horizontal mulai dari tampilan proyeksi ortografis. "Isometrik" berasal dari bahasa Yunani untuk "ukuran yang sama".
Salah satu hal yang membuat gambar isometrik begitu menarik adalah kemudahan yang sudut 60 ° dapat dibangun hanya dengan kompas dan penggaris-sejajar .
Proyeksi isometrik adalah jenis proyeksi aksonometrik . Dua jenis proyeksi aksonometrik lainnya adalah, Proyeksi dimetrik dan Proyeksi trimetrik.
Oblique Views
Sebuah proyeksi miring adalah jenis sederhana dari proyeksi grafis yang digunakan untuk memproduksi bergambar, dua dimensi gambar dari benda tiga dimensi :
- Memproyeksikan gambar dengan memotong sinar paralel (proyektor)
- Dari objek sumber tiga dimensi dengan permukaan gambar (rencana proyeksi).
Dalam proyeksi miring dan proyeksi ortografis, garis paralel dari objek sumber menghasilkan garis paralel pada gambar yang diproyeksikan.
Perspective Views
Perspektif adalah representasi perkiraan pada permukaan datar, dari suatu gambar seperti yang dirasakan oleh mata. Dua fitur perspektif yang paling khas adalah objek digambar:
- Lebih kecil karena jarak mereka dari pengamat meningkat
- Foreshortened: ukuran dimensi objek di sepanjang garis pandang relatif lebih pendek dari dimensi di garis pandang.
Info :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar