Pengalaman lampu utama pada motor ac adalah lampu
utama pasti hilang sinarnya alias tidak terang pada saat motor melaju di atas
gigi 3 & 4. Hingga tak jarang pada saat melaju dengan kecepatan cukup,
sementara jalanan penerangan kurang, lampu kurang terang, lubang jalanan
terlihat begitu sudah dekat maka menghindarpun sudah tidak sempat dan akhirnya
rodapun sering masuk lobang di jalanan (jalan rusak). Dan akhirnya pelkpun
soak, seal kleap shok bocor atau komstrir yang kena, hadeh...!
Selain itu juga boros reflektor, karena kepanasan hingga rumah lampu meleleh untuk pemakaian motor dengan jarak tempuh lama/jauh. Tips dari bengkel waktu itu suruh pasang kapasitor kipas (kapasitor jenis ac yang terdapat di kipas, bentuk nya kotak sebesar kotak korek batang) dipasang pada jalur positif lampu, dan masa. Dan itu lumayan juga cukup membantu sekelai perpanjang masa reflektor, karena untuk membatasi/mentabilkan tegangan arus yang belerbihan dan di buang ke masa oleh kapasitor ini.
2008th
motor aku coba ganti ac ke dc dengan
langsung menyambungkan arus ke lampu utama ke aki secara langsung, tapi aki
ngga kuat bertahan lama dan tekor terus akhirnya soak dan maksa minta ganti. Terus
nanya ke bengkel kenapa bisa bgitu katanya karena system spool nya terbagi
menjadi dua, dia satu spool buat pengisian dan penenrangan, jadi kalo ga
penenrangannya yang kalah ya pengisiannya yang kurang. “waduh kalo dah kaya
gitu aku dah ga ngerti deh, mana sepool bisa satu bagi dua, emang ada yang
sendiri-sendiri” tanyaku.
“Bisa di
rubah ke system dc, tapi klo mau ganti aki yang ampere nya lebih gede, tapi
tetep sama aja, Cuma perpanjang masa pake aki saja, tetap nanti juga tekortekor
juga” kata mekani bengkel itu. “Kalo mau ya kiprognya di dobel mas, buat nopang
pengisian aki” imbuhnya.
2009th aku coba cari
artikel tentang double kiprog masih belum kayak sekarang,... hanya da beberapa,
dan aku nemu yang kolo di baca emang masuk akal, dan itu juga dai penjelsan
seorang mekanik bengkel, tapi ga tau alamat blognya dudah ga ada cuma sempet
copy artikelnya.
Ok pertama
kita kenali dulu kaki pin dari kirpok ini banyak yang memuat banyak yang
menentukan, banyak yang menamai, dan semua berbeda beda, yang benar yang mana
? aku rasa semua benar tapi sayang benar
itu, benar dari sudut pandangnya masing-masing bukan benar dari data apa yang
sebenarnya.
Kurang lebih seperti pada gambar
diatas, untuk kebenarannya bisa di cocokan dengan jenis motornya masing-masing.
Kalo masalah posisi dan kegunaan pin kiprog setiap motor pasti sama, hanya saja warna
kabel setiap motor (honda, yamaha, zuzuki, kaze) pasti berbeda. Dan selanjutnya
skema kiprok awal/ori bawaan motor bisa lihat sepeti gambar di bawah.
Kemudian di double kiprognya dengan rangkaian seperti di bawah :
Dan berikut terakhir saya update
skema penggunaan double kiprognya tetep sama, Cuma pada rangkaian
elco/kapasitor bank nya saya rubah mebjadi sperti pada gambar di bawah :
Keterangan :
- Kabel penerangan yang awalnya bersumber dari spool dan kiprok saya potonga dan join kode ( J ) ke kabel positif setlah kontak On.
- kabel pengisian yang awalnya tersambung ke aki dan ke ke kontang saya potong koda ( C )
- Dari kiprog menuju ke aki dan kapasitor bank. dari kapasitor bank kemudian menuju ke kontak. dengan mode diodat ke arah keliar (D2), D1 untuk menye arah dari aki ke arah masuk kapasitor. )
Dengan skema seperti di atas,
lampu menyala secara stabil, kalo masalah terang lampu itu relatif, yang jelas
selama posisi derajat arah nayla lampunya pas, lampu pasti keliahantan terang,
karena sinar lampu napak di jalan, tapi seandainya derajat arah nyala lampu
ketinggiann, mau seterang apapun itu lampu tetap ngga klihatan terang karena
sinar lampu tidak capak di jalan, tapi napak di muka orang yang berpapasan.
Mengenai umur masa pakai aki,
sebenernya tips nya sederha. Saya dapet beberapa tips dari beres yaitu Rajin, jangan malas. Kondisi Pagi atau keadaan motor dingin
jangan pencet double stater, gunakan stater kaki alias engkol, dan Selain
perpanjng masa penggunaan aki juga akan perpanjang umur pengguaan double statr
(arang). Panasi sekitar 5mnit sebelum motor jalan. Bersihkan kutup aki dari
kotoran jamur, atau di beri peluas biar ga mudah berjamur. Dengan demikian saya
mampu bertahan 10th baru mengganti arang double stater.
Ok, mengkin itu saat ini pengalaman yang bisa saya bagi, dan semoga dapat berguna.
makasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar