Motor saya Old Vixion Th. 2003. disini saya mo berbagi masalah seputar motor injeksi yang pernah saya alami....hehe.. kebetulan saat ini yang punya motor injeksi udah banyak juga yang punya blog jadi banyak juga yang sudah berbagi seputar masalah injeksi, tapi yaaa.. Setelah saya baca dan saya amati, awal terdeteksinya masalah pada motor injeksi rata-rata sama yaitu berupa lampu indikator inejk dan lampu suhu.

Motor injeksi setiap kontak dinyalakan/ON ditandai dengan menyalanya lampu injek+sensor suhu. bagaimana apa bila pada saat On kontak lampu tersebut tidak menyala ??? atau Malah Menyala dua-duanya dan engga mati lagi.

Lampu indikator  injeksi ya...bukan indaikator kipas radiator, karena banyak yang salah mengatakan itu adalah lampu fans = kipas, ada beberapa blog yang mengatakan itu adalah idikator fans, dan ada juga yg berharap pihak produksi memasang/mengganti lampu fans bukan lampu injek . hahhaaa..saya sih cuma ketwapas bacanya....!!!

Kenapa dipasang dua lampu sensor suhu dan injeksi ?. Ya lampu suhu untuk mengetahui suhu panas mesin dan radiator apabila suhu panasnya melebihi dari yang di anjurkan, sedangkan lampu injeksi adalah sebagai ceck engin untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan pada system injeksi (lihat daftar kedipan lampu kerusakan injeksi).



Ada beberapa type/model kedua lampu tersebut menyala atau mati dan ada beberapa hal yang bisa kita baca dari kedua lampu itu :

I. Type nyala Lampu dan Solusi :

1. Tipe nyala lampu nya :
  1. Lampu tidak menyala pada saat Start (ON kontak ). Itu bertanda injeksi tidak berjalan tidak adanya arus listrik masuk ke ECU yang akan menghidupkan pompa bensin.
  2. Start ON kontak kedua lampu langsung menyala dan tidak mati lagi. Kondisi suhu motor  normal, motor belum keman-mana (mesin baru menyala).
  3. Kedua Lampu meyala terus pada saat posisi motor menyala dan dalam perjalanan, situasi jalan macet atau berjalan merayap kurang dari 80km/jam dalam waktu yang lama. Motor mengalami Overhead, panas yang berlebihan sementara kipas pendingin radiator tidak berfungsi.
  4. Lampu suhu menyala terus baik dalam keadaan mesin menyala tau cuma kontak ON saja sementara lampu injeksi tidak menyala.
  5. Lampu injeksi saja yang menyala, menyala atau menyala dan berkedip-kedip.
2. Solusinya :
  1. Perisa daya volttase listrik, usia aki apabila memang sudah waktunya ganti sehingga tidak mampu mengeluarkan daya listrik yang cukup, cek tombol cut off engine dan juga isntalasinya.
  2. Perisa soket sambungan kabel-kabel pada instalasi motor ada yang belum disambung atau ada kabel yang luka lecet/leleh akibat gesekan dengan body motor, cek selang-selang yang berhubungan dengan radiator, siapa tahu ada yang rusak atau sobek/leleh. (berlaku untuk masalah pada No.4)

  3. Periksa  kondisi kipas radiator, kabel yang menuju kipas,  sensor panas nya masih berfungsi apa engga ? bersihkan badan kipas dari kotoran/debu yang menghambat lancarnya kipas berputar.
  4. Periksa dan cek nyala lampu dengan tabel kerusakan injeksi, apabila tidak ada pada daftar, lakukan langkah no 2.

II. Tabel kedip lampu kerusakan Injeksi pada motor Yamana :

II. Tabel kedip lampu kerusakan Injeksi pada motor Yamana :



Pengalaman pertama adalah :
Motor tiba-tiba brebet dan mati kemudian dinyalakin lagi engga bisa, pada saat meng-ON kan kontak tidak ada tanda-menyala lampu injeksi+suhu menyala yang dibarengi dengan suara desingan  pompa bensin !. Sempet panik sih ? posisi di jalanan, malem lagi.. huft... ngeri juga,..! ditambah lagi pada waktu itu lagi ngetrennya dimana-mana rampok sama begal. Saya coba berusaha tenang ! minggir cari tukang kopi sambil berpikir menganalisa, "Kenapa ni motor tiba tiba mati ?"  Udah tau dengan tanda-tanda demikian sih saya engga terlalu banyak buang tenaga buat pancal/engkol dan energi aki buat pencet doble stater, karena saya tau mau di kaya apa juga pasti engga bakalan menyala ! akhir nya telpon temen minta jemput buat dorong/pancal motor sampai rumah.

Sambil dorong motor, saya tak berhenti berfikir, pada tombol cut off di handle stang kanan (moto laki pasti ada ) motor mati pendadak kaya tombol itu di pencet. Langsung sampek rumah saya bedah itu tombol ! ternyata bener arus masuk normal,  pada saat tombol ON tapi arus keluarnya engga ada/kosong.
Kinerja tombol tersebut adalah OFF itu memutus dan ON adalah menyambungkan arus dc ke ECU. Jadi masalahnya disini adalah lempengan tombol-tombol didalam tombol tersebut yang fungsinya memutus dan menyambung arus, posisinya longgar jadi engga konek antara input dan output. Padahal itu handle ori bawaan motor belum pernah di apa apain, umur motor sekitar dua tahun, Jadi engga jamin barang ori semua bagus.


Pengalaman Ke Dua adalah :
Kedua lampu indikator menyala secara bersamaan dijalanan posisi arus macet, dijalan simatupang mendekati arah Ragunan, kita tau disana situasi jalanan kaya apa menjelang jam ulang kerja. Yang bisa saya lakukan saat itu saya langsung cari warung kopi  menepi  dan berhenti, karena percuma juga saya paksa jalan toh nanti juga dipaksa berhenti karena motor pasti mati.  Sebelum nya sayasudahdapat info dari mekanik bengkel apabila terjadi hal serupa mendingan behenti untuk ngademin mesin motor daripada motor malah mati.

Ke esok harinya saya langsung kebengkel guna ngecek ada masalah apa dan sekalian servis juga. Nanya punya tanya soal lampu katanya disebabkan kipasnya Mati dan harus di ganti itu kipas harganya 450rb, busyetttt dalam hati mah,... lumayan itu !
Kebetulan lagi pas ga ada duit jadi engga kebeli. Tapi saya berfikir itu barang termasuk sperpat kelas tahunan umur nya engga mungkin kalo cuma 2th atau 5th pasti bisa lebih, berbeda dengan busi, fileter boleh lah setahun sekali di ganti. Saat itu kipas engga saya ganti hanya saya lebih hati-hati dan banyak hindari macet, kemudian kalau nyuci motor saya semprooooot air dan kosek pake sikat+rinso sebisanya, kemudian seprot pake WD, eh.. beberapa hari kemudian kipas pun bisa menyala lagi.


Konsisi demikian terjadi berkali-kali sampek 6x kalo ga salah ! Terakhir posisi beberapa hari mo mudik, smentara perjalanan mudik siktar 2013-2015 kaya apa macetnya,engga kaya sekarang, saya mikir pasti bakalan ribet dan repot kalau perjalanan jauh bentar-bentar sensor panasmenyala dan harus berhenti, mauberapa lama menempur perjalanan mudik.

Kemudian malemnya saya emosi dan penasaran, ini kipas sebenernya kenapa sih ????. Setelah lihat-lihat posisi kipas terjepit dibelakang radiator dan untuk melepas kipas kayaknya harus lepas radiator juga, melepas radiator harus menguras/gati cairannya juga, weduh...!!! ribet ya ??.
Pantes bengkel engga mau kalau hanya cek atau/sevis itu kipas yang katanya mati, maunya maen ganti-ganti aja !kalau ganti dia untung 2x kipas barunya laku dan kipas copotnnya bisadi servis di jual lagi (kalau engga di minta sama pemilik moto).
Rasa penasaran saya enga surut, saya coba itu copot kipas yang nyelip dengan posisi kepala baut dari dalem, buat masuk tangan dan muter kunci nyopot baut aja susahnya !, tapi yah... alhamdulalah akhirnya terlepas juga dengan usaha yang susah payah sampek pagi, hehhehe !

Kipas masih glondongan belom di copot-copt bagiannya kipasnya langsung saya coba tes colokin ke Aki,.. Eh..."NYALA"..! bingungkan ? cuma di lepas dari posisinya aja loh... padahan sebelum di lepasdari posisinya coba tarik kabel ambil listrik dari aki langsung kipas tetap tidak mati baling-baling nya di goyang-goyang juga sudah.  Tuing...tuing tuing...! apa iya sensor pananya yang rusak ??, mau buka sensor panas nya tapi takut heheh.. sudah pasarah, akhirnya kipas cuma saya bongkar buka-buka bagian-bagiannya bersiin dari kotoran terus coba pasang lagi ditempatnya.

Bagaimana memasangnya lagi  ? udah pasti lebih sulit dari pada lepasnya,.. terutama masang bautnya yang atas ???. Akirnya posisi baut saya rubah, yang tadinya kepala baut (dibaut dari dalam) kini saya rubah kebala baut dari luar pake baut L, dengan menambah mur yang saya pasang dilem dengan body dudukan kipas. Selain mudah masangnya dengan harapan suatu saat terjadi masalah yang sama akan gampang nglepas kipasnya lagi. Ok untuk beberapa lama kipas hidup dan berungsi sebagaimana mestinya.

Kemudian dalam waktu satu tahun kurang lebih nya, masalah terulang lagi, kipas engga mau nyala lagi ketauan pada saat macet lammpu indikator injeksi dan panas mesin menyala lagi, kejadian persis pada sebelum, Sebelumdi lepas kipas coba saya tes dengan tarik kabel dari aki langsung, kipas tetep diam (mati) kemudian saya coba lepas. Baru dilepas langsung saya konekin kabel yang tadi dari aki, eh... NYALA ???. Nah loh....! kanapa ini kipas, masalahnya apa ini kipas ini ?

Akhir nya ya sama kaya sebelumnya hanya saya pretelin bodi kipas bersihin kemudian saya pasang lagi ke tempatnya, Hanya saja kali ini saya tarik kabel secara seri dari kabel yang menuju ke kipas guna pasang lampu indikator, saya pasang lampu LED strip pretelan bekas lampus belakang, kemudian saya bungkus pake silen bakar dan tempein di bawah body motor di atas radistor.
Jadi Ketahuan pada saat waktunya kipas nyala lampu LED tersbut menyala terang di bawah body motor.


Pengalaman Ke Tiga adalah :
Pada saat start ON kontak, kedua lampu indikator menyala biasa normal, tapi setelah mesin saya nyalain lampu indikator injeksi tetap menyala lagi dan engga mau mati lagi, weduh ! ya karena udah siang mau berangkat kerja, tetep motor saya pake jalan walaupun dengan perasaan was-was juga takut kenapa-napa ! setengah perjalanan saya coba berhenti dan matiin mesin kemudian ON-kan kontak lagi, pada saat ON kontak mesin belum saya nyalakan lampu tersebut menyala berkedip-kedip terus, padahal tadi waktu mensin menyala lampu tersebut hanya menyala dan tidak berkedip, tapi ya udah di tengah perjalanan, langsung aja saya bawa nekad.
Akhirnya jam istirhat coba ke bengkel, setelah di cek dari menyala dan kedip nya ko engga ada di daftar indikator kedip kerusakan injeksi. Alhasil mekanik bengkel juga bingung... kwa..kwa...kwa....!!!

Kemudian coba buat ganti watercolant, stelahdi ganti... coba dihidupin kontak dan mesinnya, maslah tetep belum hilang..!
Sebab musababnya sebenernya engga ada awal mula masalah yang berpengaruh, sebelumnya saya hanya menggati busi saja ! setelah ganti busi begitu motor mau dipake  lohhh...ko.....! jadi begini !???

Tiba tiba sang mekanik nya kasih tau, tuh udah mati lampunya,.. coba tes !!! setelah di tes beberapa lama, motor di nyalakan dan di goyang-kabel di bawah tangki bensin, lampu injeksi engga nyala lagi, beres udah. setelah saya tanya yaaa engga di apa-apain hanya tadi digoyang-goyang kabel-kabel yang di bawah tangki bensin saja ! &gt*&^%$@.,';'+.......????  haaaa....???.
Entahlah masalahnya apa sebenernya karena ada gesekan kabel atau memang watercoolant nya minta di ganti, tapi yg jelas semua udah normal dan tidak ada masalah lagi sampai saat ini udah tiga bulan.


Solusinya adalah : Solusinya adalah :
Sebelum mengambil kesimpulan kita harus tau kapan kenapa kipas radiator itu menyala ?. Saat saya menannyakan ke bengkel pada waktu itu di jelaskan bahwa, Kipas terbut terhubung dengan sensor panas yang ada pada body mesin, kipas menyala apabila kondisi panas mesin melebihi dari panas/suhu yang di anjurkan. Kapan bagaimana kronologinya kipas menyala ?. Selain kipas sebagai pendingin tabung radiator, didalam tabung radiator berisi cairan untuk pendingin mesin (watercoolant). Cairan tersebut berfungsi apabila motor berjalan diatas kecepatan diatas 80km/jam sementara apabila lajunya motor dibawah 80km/jam yang sebagai pendingin adalah kipas tersbut, kipas untuk mendinginkan suhu tabung radiator yang meningkat akibat carian pendingin tidak berfungsi sebagaimanaharusnya, itulah penjelasan dari sang mekanik Beres waktu itu.

Jadi pada masalah saya teruatama kipas yang demikina adalah: Bagian-bagian kipas hanya kotor sehingga kotoran menghambat berputarnya kipas, karena memang dasarnya kipas jarang menyala karena banyaknya durasi pemakaian motor lari diatas 80km/jam dan jarak tempuh perjalanan yang pendek tidak melewati area macet. Sehingga pas pada saaat harusnya menyala karena kondisi kipas seret (bhs. jawa) jadi akhirnya malah kipas engga berfungsi.

Untuk menjaga hal demikian akhirnya saya harus kontrol pemakaian durasi keceptannya, kadang saya bawa lari guna mengaktihkan watercoolant nya dan kadangsengaja jalan pelan dibawah 80km/jam (nyantai) meski negga macet hingga indikator lampu yang saya pasang menyala bertanda kipas pun menyala, barukemudian saja jalanseperti bias lagi sampai kipas mati lagi.

Jaga KEBERSIHAN kipas dan posisi belakang radiator jangan sampai hal serupa dengan gambar dibawah, terutama motor-motor Vixion yang pasang body Firing, sesekali dalam masa waktu tertentu ada kalanya body tersebutdi lepas terutama pada saat mau nyuci si Vixi ini walaupun nyucinya ke tukang steam sekalipun.




Nb:
Maaf gambar pos saya menggunakan comotan dari search google yang kebetulan gambar/foto terbut sesuai dengan keadan yang pernah saya alami. Karena pas pada saat kejadian saya engga sempet ambil foto-fotonya, dan untuk tabel lampu kerusakan injeksi saya ambil dari YVC.

Ok Saya rasa itu pengalaman yang saya bisa bagi disini, semoga bisa bermanfaat.... bagi yang belum mengetahui kebetulan mengalamihal serupa.